Cara Memilih Niche Blog Yang Tepat


Mas Riper - Ngeblog atau yang biasa di sebut dengan sebutan blogging telah menjadi salah satu hobi yang paling banyak digemari masyarat. Karena banyak orang yang sekarang mencurahkan isi hatinya melalui blogging, tidak heran karena perkembangan tekhnologi di zaman sekarang sudah modern dan semakin canggih apalagi dengan adanya internet yang ada di seluruh dunia termasuk negara tercinta kita indonesia.

Saat kalian mencari sesuatu di mesin mencari seperti Google, kalian akan menemukan ribuan hingga jutaan sumber yang semuanya dapat kalian klik untuk membantu kalian menemukan sesuatu yang kalian cari tadi. Hal itu menandakan bahwa saat ini kegiatan blogging telah dilakukan oleh jutaan orang.

Ada banyak sekali tujuan yang digunakan oleh masing-masing blogger untuk melakukan kegiatan blogging, ada yang bertujuan untuk mencari penghasilan tambahan, ada yang ingin menuangkan isi pikirannya di dunia maya, ada juga yang ingin membantu orang melalui hasil tulisannya.

Jika ada yang bertanya untuk apa saya melakukan kegiatan blogging, saya akan coba menceritakannya sedikit. Tujuan awal saya membuat blog ini adalah karena saya ingin mengisi waktu luang saya dengan kegiatan yang lebih bermanfaat. Sebelum membuat blog ini saya sering mengisi waktu luang saya dengan kegiatan-kegiatan seperti main game, nonton film, dll.

Setelah saya merasa bosan karena bingung mau bermain game apa dan nonton film apa, saya berfikir dan mencoba untuk melakukan hal-hal yang baru, yaitu terjun ke dunia blogging dan memulai membangkitkan kembali blog lama saya ini yang dari awalnya adalah blog gado-gado dan saya ingin merubah blog lama saya ini menjadi blog personal.

Kenapa saya pindah dari blog gado-gado ? karena blog gado-gado tidak memilik tujuan yang jelas dalam dunia blogging sama seperti saya dulu yang memulai terjun ke dunia blogging dengan niche gado-gado, saya hanya asal posting saja tanpa memikirkan topicnya yang penting blog saya ramai pengunjung.

Namun walaupun begitu mengelola blog gado-gado tidak begitu menarik, kenapa saya bilang begitu ? karena ketika saya mau memposting artikel saya bingung mau memilih topic yang mana , lain dengan blog bertopik/niche karena hanya memiliki satu topic dan satu tujuan saja jadi sangat mudah untuk mengelolanya karena terfokus pada satu buah topik saja contohnya blog yang membahas tentang blogging, tutorial, software atau tentang otomotif.

Untuk itu Mas Riper akan memberikan beberapa tips untuk memilih niche/topik yang tepat untuk blog kalian agar tidak seperti saya yang memulai ngeblog dengan niche gado-gado (padahal kalo di makan enak haha).


1. Apa Hobi Kalian ?

Apa hobi kalian ? kalian bisa menyalurkan hobi kalian ke dunia blogging misalnya hobi kalian dalam dunia seni, kalian bisa memulai blogging dengan karya-karya seni kalian dan bahkan kalian juga bisa menghasilakan uang dengan hobi kalian ini contohnya jika kalian hobinya seni kalian bisa menghasilkan uang dengan cara menjual hasil karya seni kalian kepada orang lain melalui blog.

2. Apa Minat Kalian ?

Apa minat kalian dalam ngeblog ? misalnya mencari penghasilan tambahan kalian bisa menjual barang atau produk yang kalian punya melalui blog atau bisa juga mengulas tentang bisnis online dengan begitu blog anda pasti ramai pengunjung karena bisnis online banyak di cari orang-orang dan jangan lupa pasang iklan juga pada blog anda, contohnya iklan dari google adsense dan iklan lainya.

3. Apa Cita-Cita Kalian ?

Apa cita-cita kalian ? ini kayanya terdengar sangat aneh tetapi jika kalian punya cita-cita yang tidak tercapai kalian bisa juga menerapkanya di dunia blogging contohnya jika kalian ingin menjadi seorang dokter/ahli kesehatan tapi belum tercapai kalian bisa menerapkanya dengan membuat blog yang membahas tentang kesehatan blog ini juga saya lihat banyak mengundang pengunjung.

4. Apa Tujuan Kalian ?

Dan ini yang paling penting dalam menentukan niche blog apa tujuan kalian dalam dunia blogging ? Kalian harus punya tujuan yang jelas ini, apa kalian ngeblog hanya cuma untuk menentukan waktu luang arau cuma iseng yang jelas kalian harus punya tujuan dalam ngeblog. Kalo tidak ada tujuan untuk ngeblog ya buat apa juga blogging hehe :v

Jadi apa niche blog yang akan kalian pilih ? silahkan di pikirkan sendiri.

Nah itulah tips yang saya berikan untuk kalian yang masih bingung dalam memilih niche blog, saya juga lagi mencoba membangkitkan blog gado-gado saya ini dan akan mengubahnya menjadi personal blog doakan saya semoga sukses di dunia blogging.
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Cara Memilih Niche Blog Yang Tepat"

Terima Kasih Sudah Berkomentar
 
Copyright © 2013 - 2015 Mas Riper - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top